Jasa Iklan Advertorial Portal Berita

Iklan advertorial adalah sebuah strategi pemasaran baik itu berupa produk atau jasa yang diiklankan dengan lebih halus dibanding dengan iklan biasanya dan biasa di surat kabar atau majalah. Iklan advertorial sendiri merupakan sebuah pemasaran produk atau jasa yang membutuhkan kreativitas yang sangat tinggi.

Sebuah iklan yang dikemas dengan bentuk berita tentu akan memberikan berbagai macam informasi yang sangat menarik bagi si pembaca. Informasi tersebut berupa produk yang ditawarkan, kegiatan dari perusahaan si penghasil produk, sampai dengan fakta lain yang tidak diketahui oleh kebanyakan orang.

Maka dari itu, iklan advertorial sendiri merupakan iklan yang terbilang berbeda daripada iklan yang lainnya. Sehingga tidak heran jika iklan tersebut mampu mempengaruhi pembacanya agar pembaca tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Seperti halnya dengan iklan yang lain, tujuan dari iklan advertorial sendiri tentu untuk menarik pembaca agar membeli atau memakai produk atau jasa yang ditawarkan.

 

Pengertian Iklan Advertorial

Dari segi bahasa, advertorial adalah kata yang diserap dari bahasa Inggris. Kata ini berasal dari kata advertising dan editorial. Dilihat dari segi bahasa, iklan advertorial tidak hanya mengandalkan bahasa promosi, tetapi juga dibungkus dengan bahasa jurnalistik.

Seperti yang kita ketahui bersama, iklan pada umumnya menggunakan bahasa-bahasa yang persuasif. Iklan seperti ini cenderung klise. Oleh karena itu, kini muncullah iklan advertorial yang berbau jurnalistik.

Iklan jenis ini dianggap lebih segar dan baru. Advertorial sekarang ini dianggap sebagai strategi promosi yang cukup efektif untuk banyak pihak.

Untuk membantu Anda lebih paham tentang pengertian iklan advertorial, mari kita pelajari terlebih dahulu pengertian dari advertising atau ‘iklan’ dan editorial atau ‘karangan’.

Advertising atau ‘periklanan’ merupakan sebuah teks atau materi yang disajikan kepada masyarakat secara persuasif. Teks ini disebarkan melalui media yang ada. Tujuannya tidak lain adalah untuk mempromosikan barang atau jasa milik seseorang atau suatu perusahaan (Brand).

Sementara itu, editorial merupakan sebuah pendapat dari pihak redaksi yang sifatnya lebih resmi. Editorial ini lebih ke arah tanggapan atau opini dari redaksi.

Jadi, untuk pengertian iklan advertorial, jenis teks ini tidak hanya mengedepankan sisi persuasifnya. Iklan jenis ini juga mengedepankan pendapat atau opini dari redaksi. Iklan ini tidak hanya mengajak, tetapi juga memberikan informasi yang bermanfaat bagi pembaca.

 

Sifat-Sifat Iklan Advertorial

Karena disusun dengan format yang berbeda dengan iklan pada umumnya, iklan advertorial mempunyai sifat-sifat tersendiri. Berikut penjelasannya.

Pertama, iklan jenis ini wajib menekankan sisi informatif. Artinya, tulisan atau materi iklan berusaha untuk memperkenalkan atau menjelaskan suatu produk atau jasa.

Kedua, sifat iklan advertorial yang harus ada di dalam iklan adalah sisi persuasif. Sama seperti teks iklan pada umumnya, jenis iklan ini juga harus bisa mempengaruhi pembaca untuk mengikuti apa yang disarankan oleh penulis.

Ketiga, iklan advertorial juga harus memiliki sifat eksplanatif. Eksplanatif berarti mampu memberikan penjelasan yang detail kepada pembaca tentang produk yang ditawarkan.

Keempat, iklan ini juga harus memiliki sifat interpretatif. Interpretatif yang dimaksud di sini adalah mampu menginterpretasikan semua hal terkait produk atau jasa melalui komentar atau keterangan.

Kelima, sama seperti teks editorial pada umumnya, iklan advertorial juga wajib memiliki sifat argumentatif. Penulis harus memberikan pendapat-pendapat tentang produk atau jasa yang dibahas. Kemudian, ada juga pendapat akhir yang menekankan bahwa produk atau jasa yang diiklankan adalah yang terbaik.

Keenam, ada juga sifat memuji. Jenis iklan ini sebaiknya memuat pujian pada produk atau jasa yang dibahas sehingga masyarakat umum semakin tertarik untuk membelinya.

Ketujuh, ada juga sifat influentif. Influentif berarti memicu adanya aksi dari masyarakat umum serta mengarahkan mereka untuk melakukan suatu aksi secara langsung.

Terakhir, ada juga sifat eksploratif. Iklan advertorial bertujuan untuk mengungkapkan sesuatu secara lebih mendalam sehingga masyarakat mendapatkan informasi yang utuh tentang produk atau jasa yang diiklankan.

Jenis-Jenis Iklan Advertorial

Teks iklan advertorial bertujuan untuk memperkenalkan sekaligus mempromosikan suatu produk, jasa, atau kegiatan dari perusahaan tertentu kepada masyarakat. Sementara itu, fungsi utama teks iklan ini adalah sebagai pendamping dan penafsir dari iklan yang beredar di media massa.

Oleh karena itu, terdapat beberapa jenis iklan advertorial yakni sebagai berikut:

1. Promosi aktivitas perusahaan

Perusahaan besar tidak hanya mempromosikan produk. Mereka juga mempromosikan kegiatan-kegiatan yang dilakukan perusahaan. Misalnya, saat perusahaan mengadakan pengabdian masyarakat, perusahaan akan membuat iklan advertorial untuk meningkatkan kepercayaan publik terhadap brand mereka.

Kemudian, saat perusahaan menggelar acara gathering, mereka pun bisa juga menjadikannya sebagai materi advertorial. Acara ini menunjukkan bahwa perusahaan tersebut memiliki kerja tim yang baik.

 

2. Promosi Produk

Promosi produk menjadi materi iklan yang umum dilakukan oleh perusahaan. Dalam mempromosikan produk yang dijual melalui iklan ini, perusahaan harus mengulas produk secara mendalam sesuai dengan sifat dan ciri-ciri iklan advertorial.

 

3. Promosi Jasa

Kemudian, sama seperti promosi produk, perusahaan yang menawarkan jasa juga wajib mempromosikan jasa mereka. Melalui jenis teks ini, jasa yang ditawarkan dijelaskan secara mendalam. Ada juga yang menyampaikan maksud iklan secara terselubung, alias terlihat seperti berita biasa, tetapi nyatanya adalah iklan advertorial.

 

4. Promosi Pemerintahan

Terakhir, ada iklan untuk pemerintahan. Asal Anda tahu, tak hanya perusahaan atau korporat yang membutuhkan iklan, lho. Tidak sedikit instansi Pemerintahan juga sering menggunakan jasa iklan advertorial.

Apa yang bisa diiklankan oleh pemerintah? Materi promosi yang paling menarik untuk diangkat adalah mempromosikan potensi daerah atau kegiatan-kegiatan yang ada di daerah tersebut.

Dengan begitu, suatu daerah bisa mendapatkan tambahan pendapatan melalui aktivitas pariwisata. Pendapatan dari wisata ini bisa digunakan kembali untuk mengembangkan daerah tersebut.

Iklan advertorial dikemas dalam bentuk narasi yang lebih menarik. Dari contoh di atas, penulis tidak hanya mempromosikan produk kecantikan. Penulis juga memberikan tips untuk menjaga kesehatan kulit secara alami.

Bagi masyarakat yang lelah dengan iklan-iklan yang hardsell, teks iklan jenis ini cocok untuk alternatif promosi.

Jenis iklan advertorial menyajikan iklan yang berbeda dibandingkan dengan iklan lainnya. Iklan ini menggunakan teknik penulisan advertorial untuk mempromosikan produk. Biasanya, iklan ini dimuat di website, koran, atau media massa lainnya.

 

Untuk Anda yang ingin promosi menggunakan teks advertorial, berikut adalah beberapa kelebihannya.

  1. Lebih disukai masyarakat karena tidak menggurui. Pembaca justru mendapatkan informasi penting atas produk yang dijual serta hal-hal lainnya yang berkaitan dengan produk tersebut.
  2. Menimbulkan kesan yang lebih mendalam bagi pembaca karena disusun menggunakan kaidah jurnalistik. Iklan advertorial yang lengkap menggunakan sifat-sifat advertorial seperti yang disebutkan di atas.
  3. Berpotensi mencapai target penjualan yang besar melalui teknik copywriting yang tepat.
  4. Beberapa media juga memberikan layanan jasa penulisan dan atau peliputan untuk jenis iklan advertorial
  5. Beberapa media bisa mengatur agar rekan media pergi ke lokasi untuk meliput atau wawancara untuk mendapatkan bahan penulisan advertorial.

Pasang Iklan Advertorial

Untuk Anda yang ingin pasang iklan advertorial, Muktisari bisa menjadi partner terbaik untuk Anda. Agensi periklanan kami melayani iklan di berbagai portal berita nasional seperti Jatimtimes.com, Malangtimes.com, Harapanrakyat.com, inilah.com, beritasatu.com dan lainnya.

hubungi kami